Bahan Baku Kedaluarsa yang Selalu terabaikan di Dapur

iklan
iklan
Lemari dapur Anda umumnya dipenuhi dengan berbagai bahan makanan. Semua bahan makanan kering dari pasta mentah sampai tepung terigu umumnya menjadi 'penghuni' abadi lemari makanan. 

Di satu sisi, bahan makanan kering ini memang memiliki daya simpan yang lama. Hanya saja, salah satu kebiasaan yang kerap dilakukan adalah 'menimbun' bahan-bahan tersebut dalam jangka waktu yang terlalu lama. Penyebab utama biasanya terjadi karena 'lupa' kalau masih punya bahan makanan ini. 

Hanya karena bahan makanan kering ini tidak berjamur dan tak berbau, tak berarti kalau mereka masih layak pakai setelah diselip lama di lemari. Bahan makanan kering juga bisa rusak. Apalagi setelah lewat tanggal kedaluarsanya.



1. Minyak zaitun
Setiap jenis minyak zaitun pasti punya tanggal kedaluarsa di botolnya. Namun ingat, tanggal ini berlaku jika botol sudah pernah dibuka sebelumnya. 

Sekali segel botol dibuka, paparan sinar dan udara akan menyebabkan minyak zaitun jadi tengik. Selain itu potensi antioksidannya akan berkurang. 

2. Tepung terigu
Dalam pemakaian harian rumah tangga, jarang sekali satu bungkus tepung terigu habis sekali pakai. Setelah dipakai untuk membuat gorengan atau makanan lain, sisa tepung biasanya langsung masuk ke dalam lemari. 

Mengutip Prevention, pahamilah bahwa setelah dibuka dan dipakai, tepung terigu akan mulai berkurang kualitasnya. Tepung terigu serbaguna akan tetap segar sampai delapan bulan setelah tanggal best-before yang tertulis di kantongnya. Sedangkan tepung gandum akan bertahan maksimal enam bulan. Setelah itu, tepung terigu akan mulai berbau apak dan berubah warna.

3. Oatmea
Oatmeal bisa bertahan selama 1-2 tahun. Namun oatmeal yang sudah digiling dan hancur hanya bisa bertahan selama 6 bulan. 

4. Rempah kering
Rempah kering dan rempah daun ternyata tidak bisa bertahan lama. Setelah 1-2 tahun, rempah ini akan mulai rusak, sekalipun warnanya tidak berubah. 

5. Sereal
Kotak sereal yang sudah terbuka bisa bertahan sampai delapan bulan setelah tanggal best-before. 

6. Tepung roti
Meskipun tepung roti ini adalah bahan makanan kering, namun ini tetap terbuat dari roti. Ingat bahwa tepung roti ini juga berpotensi untuk berjamur. 

7. Baking powder dan baking soda
Meski terlihat baik-baik saja, namun baking powder dan baking soda juga bisa rusak. Setelah dibuka, baking powder dan baking soda akan bertahan setidaknya dua tahun. Setelah itu, mereka akan kehilangan kemampuan dan fungsi aslinya
iklan
Warning!!!situs ini hanya bertujuan untuk menyampaikan berita dari situs-situs berita terpercaya yang ada di indonesia. Situs ini tidak membuat berita sendiri, situs ini hanya mempermudah para perselancar internet untuk mendapatkan berita-berita terbaru yang ada di indonesia. Di akhir artikel berita, Kami menanamkan "Link Sumber" untuk mengetahui sumber tersebut berasal. Terimakasih :)