Manfaat Vitamin K Bagi Tubuh Yang Seringkali di Sebut Vitami yg Terlupakan

iklan
iklan
Vitamin K seringkali isebut sebagai “vitamin yang terlupakan” karena tidak sepopuler vitamin-vitamin lainnya. Beberapa bahan makanan yang diketahui banyak mengandung vitain K antara lain kacang buncis, asparagus, brokoli, timun, bunga kol, bawang perai, buah kiwi, tomat, dan lain sebagainya. Berikut beberapa khasiat vitamin K yang telah banyak diketahui.



1. Mengendalikan Pembekuan Darah

Vitamin K terkenal sebagai vitamin yang berperan penting dalam mengatur pembekuan darah. Jika kulit luka atau pembuluh darah robek maka vitamin K secara otomatis mengatur pembekuan darah dengan membawa kalsium dari tubuh ke lokasi luka.

2. Mengurangi Resiko Nyeri Haid

Suplemen vitamin K disarankan untuk dikonsumsi oleh wanita yang biasa mengalami pendarahan menstruasi yang berlebihan, menstruasi tidak teratur, atau wanita yang sering mengalami nyeri had.

3. Menjaga Memperbaiki Jaringan Kulit

Vitamin K bermanfaat menjaga kesehatan jaringan kulit. Krim vitamin K digunakan untuk mempercepat pemulihan bekas luka pada jaringan kulit. Krim vitamin K biasa digunakan pada kulit pasien yang akan dioperasi maupun pada pasien yang telah menjalani operasi.

4. Menjaga Kesehatan Otak

Vitamin K juga diketahui bermanfaat dalam menjaga fungsi otak. Lapisan myelin yang membungkus syaraf memerlukan jenis lemak sphingolipid. Vitamin K diketahui berperan penting dalam sintesa sphingolipid.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Vitamin K mengendalikan pembentukan sel-sel tulang yang disebut osteoclast agar tidak berlebihan. Vitamin K juga berperan dalam pengaktifan osteocalcin yang berfungsi mengikat mineral kalsium dalam tulang.

6. Mencegah Pendarahan pada Bayi

Vitamin K dikenal sebagai vitamin yang bermanfaat untuk mencegah pendarahan pada bayi. Untuk mencegah pendarahan pada bayi, vitamin K dapat disuntikkan pada bayi atau dengan pemberian tetes vitamin K secara oral (melalui mulut).

7. Mencegah Kalsifikasi

Kalsifikasi adalah penimbunan kalsium pada jaringan tubuh tertentu. Kalsifikasi berbahaya jika terjadi pada jaringan tertentu misalnya pada pembuluh darah karena dapat nyebabkan penyakit kardiovaskular. Vitamin K membantu mencegah kalsifikasi dengan berperan pada proses karboksilasi. Proses karboksilasi menghasilkan matrix Gla protein (MGP) yang secara langsung mencegah calsium terbentuk pada jaringan.

8. Mengurangi Resiko Peradangan (Inflamasi)

Vitamin K berkhasiat mencegah radang/inflamasi. Hal ini terbukti dengan pemberian vitamin K pada pasien dapat mengurangi pelepasan glycoprotein interleukin-6 yang dikenal merupakan penanda inflamasi dalam tubuh.

9. Mengurangi Gejala Mual dan Muntah bagi Wanita Hamil

Wanita hamil yang mengalami muntah dan mual seringkali mengalami kekurangan (defisiensi) vitamin K. Mengkonsumsi vitamin K bagi wanita hamil dapat mengurangi gejala muntah dan mual.

10. Mengendalikan Kadar Glukosa Darah

Vitamin K berperan penting dalam pengendalian kadar glukosa darah. Pankreas yang memproduksi insulin, mengandung viamin K terbanyak nomor dua dalam tubuh kita. Gangguan fungsi pankreas adalah salah satu faktor resiko penyakit diabetes.
iklan
Warning!!!situs ini hanya bertujuan untuk menyampaikan berita dari situs-situs berita terpercaya yang ada di indonesia. Situs ini tidak membuat berita sendiri, situs ini hanya mempermudah para perselancar internet untuk mendapatkan berita-berita terbaru yang ada di indonesia. Di akhir artikel berita, Kami menanamkan "Link Sumber" untuk mengetahui sumber tersebut berasal. Terimakasih :)